BERLIBUR KE JUWANA - PATI

Beberapa hari yang lalu saya memutuskan untuk liburan ke Juwana - Pati (jawa tengah) bersama teman saya yang kebetulan berasal dari sana. Kami menempuh perjalanan hampir 7 jam (dari Jogja) dengan menggunakan alat transportasi umum, yaitu travel. Di sana beda sekali dengan daerah tempat tinggal saya (alias colomadu). Di Pati suhu udara nya panas, mungkin karena dekat dengan laut. Tapi kepanasan itu tidak menyurutkan tekat saya hihihi.. Saya di Juwana 3 hari 2 malam, cukuplah untuk saya jalan-jalan dan menikmati kuliner di sana.. Anw, harga tiket travelnya Rp 80.000,00 yaaa

Waku sampai sana, langsung disuguhi makanan khas, yakni bandeng.. hehehhe... di sana kan banyak banget tambak. Dan mayoritas penduduknya sebagai petani tambak, jadi di sana bandeng melimpah ruah B). Sore nya saya diajak teman saya jalan-jalan di sekitar rumahnya (di Juwana) untuk melihat pelabuhan yang ada kapal-kapalnya yang besaarrr (honestly, saya baru sekali liat begituan :P), terus juga melihat tambakkkk (jadi kalau di daerah rumah saya lahan segitu buat bertanam padi, kalau di sana dibuat tambak). Kata teman saya kebanyakkan tambaknya diisi bandeng, udang, dan ada pula yang diisi dengan garam (air laut). Setelah itu, sorenya saya diajak jalan-jalan ke kotanya, yaitu Pati. Sebenarnya tujuan awal ke pati karena mama temen saya mau benerin hp-nya yang rusak, tapi setelah itu ya mampir ke tempat makan. Makanan khas pati yang namanya nasi Gandul (NaGa). Karena waktu di Pati saya tidak membawa handphone kamera atau kamera digital, jadi gambar nasi gandul-nya googling aja yaaa :D

nasi gandul
Waktu saya makan kemarin juga disajikannya pakai piring trus atasnya dikasih daun pisang. Kalau rasanya sih lumayan yaa.. Kuahnya warnanya kecoklatan, kalau di solo rasanya semacam mirip kuah daging terik, cuma yang ini dikasih kecap dan lumayan pedes. Trus dikasih daging sapi. Dagingnya sih bisa milih, ada jeroan, daging tanpa lemak, dll. Kata mama temen saya, sebenarnya cara makannya pakai suruh (sendok yang dari sobekan daun). gituuu... HArga satu porsinya kalau nggak salah Rp 9.000,00 ya sekitaran segitulah.

Hari kedua, sorenya siangnya saya (tentu bersama dengan teman saya dan mamanya), diajak pergi untuk beli roti di Pati lagi.. Habis itu saya diajak makan siang di salah satu tempat makan yang tempatnya lumayan lah, meunya banyak. Saya pesan cumi kuah hitam... hmm.. yummy... lumayan.. jadi kuah hitamnya itu dari tintanya si cumi-cumi. Gurih rasanya, agak keasinan. Dan minumnya saya beli namanya bubble milkshake. Hmm.. tapi menurut saya minumannya kurang begitu okeeee... PHP banget ini minum. Sumpah! ehem.. PHP = pemberi harapan palsu ya.. wkwkkw.. JAdi waktu pesen, saya sudah bayangin ini minujman pasti ada bubble nya, dan bubble nya pasti kenyal dan besar-besar gitu kan.. Begitu minumannya dataangg, saya sudah sumringah banget tuh liat ada bubblenya. Tapi saya agak sedikit bertanya-tanya, kok bubble nya kecil-kecil banget. Ya sudahlah pikir saya. Saya langsung coba minum susunya.. GLEK! hmm.. kok manis banget yaaa.. bukan taste lidah saya banget.. trus saya juga coba buble nya.. seketika itu saya drop se dropnya.. ini PHP beneran dah.. Bubble nya tidak sesuai dengan harapan saya! Itu bukan bubble, lebih tepatnya itu agar-agar yang dibikin bulet-bulet --,,----- Harga cumi-cuminya Rp 10.000,00; nasi Rp 3.000,00 atau Rp 4.000,00; bubble milkshake Rp 6.000,00

MAlam harinya saya mencoba jajanan kuliner lainnya dari juwana, yakni soto kemiri. Soto kemiri ini agak beda dari soto yang biasa saya makan di sini. Soto nya kuahnya dari santan dan karena namanya soto kemire berarti ya ada campuran kemirinya :P Terus isinya sih mirip, ada suwiran ayam, kecambah, sama mi soon. Rasanya lumayanlah.. Belinya di pinggiran jalan pantura, harganya Rp 8.000,00 kayaknya.

Nah, hari terakhir di sana saya disuguhi banyak sekali makanan. Diantaranya adalah mie goreng (rasanya standar, namanya juga mie goreng. Dimana-mana kan sama :D), plecing kangkung, dan petis jagung. dari ketiga makanan itu menurut saya yang paling juara adalah petis jagung. kalau pada ke pati atau juwana coba deh makanan petis jagung itu. Kayaknya murah deh. Makanannya dibungkus daun pisang. Rasanya gurih dan pedes.. Hmm.. pokoknya enak.. makanan baru yang cocok denga lidah saya B). Harganya saya nggak tau nih :(.

Nah siangnya ini menu makanannya enak banget.. ada udang goreng dan asem-asem daging. Kalau yang ini sih rasanya sama aja kayak di tempat saya. Tapi bedanya adalah udangnya, masih seger. Dan kedua makanan ini masak sendiri...

Ini nih foto yang saya abadikan, fotonya juga pakai hp temen saya... heheheheh...

hiks... meremm

Ada yang berminat ke sana?? silahkan lhoo.. dan di kota Pati-nya sendiri saya lihat juga ada beberapa hotel kok... semoga postingan ini menginspirasi anda untuk mengunjungi kota ini :)

With love,

Ines Saraswati

1. kunjungan siang min, semoga selama anda kunjung di kota juana tidak membuat anda kecewa......salam suses buat blog n admin'nya

1. makasih ya.. tidak kecewa kok :)

salam..

Ines saraswati

2. kunjung siang min, semoga anda tidak kecewa

3. Boleh tanya ga kamu naik travel apa? Trus ada contactnya ga? Saya juga mau ke juwana.. Tapi bingung naik apa..

1. halo.. sory... aku lupa nama travelnya apa.. karena sudah lama... hohohoh... coba kontak agnte travel terdekat aja. siapa tau ada..

4. Kami Dona Doni Resto, Pool & Spa juga ada di Pati.
    Jl, Kol. Sugiono Gg. Anugerah Kav. I No.100, Winong, Pati, Ngagul, Winong, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59112