Hallo... Sekitar minggu lalu (saya lupa tanggal berapa tepatnya), saya mengalami sedikit nyeri di bagian gigi geraham atas sebelah kanan. Sebenarnya gigi ini sudah berlubang dari tahun 2008. Dulu sempat ditambal di Puskesmas deket rumah. Awalnya juga ditambal karena tiba-tiba gigi tuh rasanya sakit banget. Ya sudahlah saya tambal, tapi untuk proses penambalan pun juga nggak langsung jadi (berkali-kali nambal dulu baru ditambal secara permanen). 

Ya waktu awal nambal sih merasa nyaman-nyaman saja, karena sehabis ditambal kalau mau makan nggak usah khawatir lagi makanan nyangkut di gigi berlubang :D hehehhheheeh. Tapi hal ini tidak berlangsung lama. Saat saya makan, tiba-tiba kok saya ngunyah 'sesuatu yang keras'. Awalnya saya mikirnya itu kerikil kecil yang biasa kadang ada di nasi. Pas saya muntahin makanan saya, ehhh itu gigi tambalan saya copot =,=. Semenjak itu ya saya jadi males lagi balik untuk nambal gigi, karena prosesnya RIBEETTTT alias nggak langsung jadi.

Daaann... yang saya alami kemarin ini juga hampir saya. Saya memutuskan untuk minta periksain ke dokter gigi, tapi kali ini saya minta di Rumah Sakit (hihihi... udah underestimate sama Puskesmas). Lah... yang lucu lagi pas saya cerita kalau gigi saya sakit ke orangtua saya, mereka malah bilangnya gigi saya sakit karena hawanya lagi dingin --,,-- bzzzzzzzzzz. Lanjut lagi ya.. akhirnya permintaan saya di acc sama bapak saya. Lalu hari berikutnya, Senin (24/7) sekitar pukul 13.00 WIB saya pergi ke RS Panti Waluyo. Agak lama sih nunggu antrinya, ternyata banyak juga yang giginya lagi pada masalah. Saya agak gugup nih nunggunya, pikiran udah kemana-mana ditambah lagi nahan gigi yang rasanya cenut-cenut nggak karuan TT.TT.

Tibalah giliran saya. Saya masuk ke ruangan dokter. Di situ ada dua orang, dokter dan asistennya (mungkin). Begitu duduk, saya langsung menceritakan keluhan saya. Dokternya ramah banget dan tidak menegangkan, namanya drg. F. A. Titis. Waktu di cek ternyata gigi geraham saya sudah parah dan nggak bisa lagi untuk ditambal. Kata dokter Titis, di lubang gigi geraham saya yang bolong sudah tumbuh daging jadi mau nggak mau dagingnya harus diambil dan gigi dicabut!! BUSEEEETTTT!!! Bayangin aja. Seketika dokter selesai ngomong saya langsung LETOT alias LEMES TOTAL!!. Tangan nih udah gemeteran bayangin daging yang tumbuh digunting TT.TT. Tapi untungnya dokternya pandai membaca situasi :D. Dia langsung menenangkan saya dengan berbagai macam sugesti, misalnya seperti "tenang aja, nggak seseram yang kamu bayangkan kok." Karena nggak bisa langsung dicabut, saya dikasih obat yang berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit, sebab saat dicabut nantinya gigi nggak boleh dalam keadaan sakit. Tau deh kenapa. Coba tanya doketr gigi :P. Untuk konsultasi/kontrol ini saya merogoh kocek Rp 22.000,00 (itu biaya konsultasi), kalau obatnya terjangkaulah. Cuma saya lupa harganya berapa (kira-kira Rp 30.000,00 - Rp 40.000,00).

Daaaaaannn.. hari ke dua saat saya konsumsi obat itu... BUSEEEEETTTTTTTTT mulut rasanya sakiiiiiiiiiiiiiiiiiiiitt banget (ehm... lebih tepatnya gigi :P). Sumpaaaaahhhh, mau tidur nggak bisa, mau garap skripsi nggak bisa mikir (baca: males), mau makan apa lagi dah (orang ngunyah aja susah!).  Tapi puji Tuhan hari ke 3 dan ke 4 udah bisa cerewet lagi :D dan makan pun mulai nggaya, makan yang alot-alot :D heheheheh.

Well, tibalah juga di hari eksekusi, Kamis (27/7). Jam 16.00 WIB saya baru berangkat dari rumah ke RS Panti Waluyo. Begitu sampai di sana, ternyata tidak perlu antri saudara-saudara :D Seneng sih, tapi begitu sampai di dalam rasanya hmmm LUAR BIASA. Saya mulai diperiksa, sambil dokternya ngajak ngobrol biar suasana nggak tegang. Dia nanyain berat badan saya lah, udah makan belum, dll. Sebelum proses pencabutan, saya diukur dulu tensinya, dan tensinya 110. Kata asisten dokternya jantung saya detaknya cepet banget. Masa sih? saya kok ngerasanya biasa aja ya. Mungkin efek minum kopi tadi siang apa ya? (nggak penting)

Akhirnya tibalah juga saat eksekusi. Sebelum dicabut dokter memastikan apakah gigi saya masih sakit atau tidak dengan mengetuk-ngetuk gigi saya menggunakan alat yang saya nggak tau namanya. Trus disuntiklah gusi saya (bius kali ya bahasa kerennya). Sumpaaaaahhh!!! pas disuntik itu rasanya saya ngeri banget lah! sekilas liat jarumnya, trus saya lebih milih merem. Sebenarnya nggak sakit sih, tapi liat alat-alatnya itu yang bikin mental yang kocar-kacir. Lebih amannya sih merem aja kali ya :P

Udah tu abis di bius saya ngerasa dokter mulai narik-narik gigi geraham saya yang berlubang. Waahh Sumpahh.. lemess badan saya.. ini aja saya cerita sambil lemes dan ngilu karena harus bayangin ulang. Rasanya tu kaya ada bunyi "kreekk kreeekkk" pas gigi saya ditarik-tarik. dokternya sampai berkali-kali nenangin saya (sumpah saya kaya orang UDIK, padahal kan itu di bius jadi nggak bakal kerasa sakit). Tapi emang bener ada bunyinya itu tadi :3.

Proses pencabutan berjalan cukup alot dan masih belum berhasil. Lalu dokter minta asistennya buat ngambilin alat, pas saya ngelirikk..... BUSEEEEETTTTTTTT itu alat malah kayak TANG! Saya tambah LEMES BANGET dan nyesel banget karena sudah ngintip :(. Akhirnya dicabutlah gigi saya pake alat itu dan (mungkin) sekali tarik langsung lepas. Saya udah dalam hati seneng karena pasti sudah selesai. Hmm... tapi kok dokter masih sibuk di gigi saya yaaaa???? Oalah... ternyata masih belum tuntas TT.TT. Masih ada gigi sisa-sisanya T.T nggak tau deh waktu itu gusinya diapain. Pokoknya digituin lah. Kalau air bahasanya diobok-obok, kalau gigi saya nggak tau bagaimana harus menggambarkannya.

Gigi kelaaarrr ternyata masih ada lagi.. Dokter mau motong daging tumbuh yang saya bilang di awal lagi. WAAHHH BUSEEEEETTTTT  tambah lemes lagi nih. Udah mau nangis saya. Saya mau nangis bukan karena sakit saudara-saudara, tapi saya ngilu karena bayangin yang begituan!! Tapi nggak sakit beneran kok, nggak ada rasanya. Gusi rasanya malah tebeeelll banget. 

Daaaann puji Tuhan pencabutan gigi suksesss dilaksanakan. Trus minggu depan saya diminta balik lagi ke sana untuk nambal gigi saya yang udah mau bolong. Untuk pencegahan sih, karena gigi yang dicabut ini kata dokter sudah infeksi dan sudah parah.

Pas di rumah saya bayanginnya kalau biusnya ilang bakalan sakit banget, cenut-cenut, sama pipi bengkak. Soalnya kata dokter dia biang ada yang sakit dan ada yang enggak. Tapi kalau saya Puji Tuhan enggak sakit :) hehehhe. Agak perih, tapi nggak yang perih banget. Perih biasa kaya perih gusi yang kesodok sikat gigi :)

Hmm. biaya cabut gigi sekitar Rp 88.000,00 belum termasuk sama obat, tapi obatnya murah kok nggak sampai Rp 30.000,00. 

Yang sekarang saya lagi mau cari tahu itu biaya TAMBAL GIGI. Karena gigi yang minggu depan mau saya tambal ada 4 biji TT.TT......

Pesannya adalah :  mending rajin-rajin ngerawat gigi sejak dini deh. Salah saya juga sih tiap malem dulunya males gosok gigi :(. Tapi ini saya lagi mau biasain.. Daripada ngerasain yang saya rasain. Hmm.. trus kalau nemuin gigi berlubang mending langsung konsultasi ke dokter gigi aja, NGGAK USAH NUNGGU SAKIT dulu baru konsultasi. Nanti jadinya kaya saya lagi :( nggak mau kan punya gigi ompong :(. Tapi bersyukur juga sih, ompongnya di belakang dan nggak kelihatan :D

Kalau ada yang tau estimasi biaya tambal gigi kasih tau yaa :) Thx u ...

With love,

Ines Saraswati :)

Comments

Post a Comment

Popular Posts